Kenapa Owl City ?

Belakangan ada beberapa teman yang bertanya kepada saya “Lo tiap hari dengerin Owl City? Kenapa suka banget sama Owl City wel? Gak bosen?”, dengan nada sedikit syahdu sambil menggenggam bakwan jagung saya pun menjawab “Gue emang gitu kalo udah sayang”, (terlihat Bunda Maria menimang bayi Yesus).

Kecintaan saya dengan Owl City pertama kali dimulai ketika mendengarkan “Fireflies”. Lagu ini tercipta karena keadaan Adam Young yang ketika itu menderita insomnia dan uniknya dia mengatakan “I didn’t really have to think about making a connection between insomnia and lighting bugs, it just sort of happened and the song basically wrote itself. It was a lot of fun” , biarpun gak niat untuk mengkorelasikan judul dan isi, lagu ini tetaplah menjadi cinta pertama saya.

Saya pun mendengarkan musik dari musisi/band lain, tetapi hanya Owl City yang di hati. Ibaratnya kamu ngeliat banyak cewek di bumi, kamu sebatas memuji mereka cantik dan menarik, tetapi cinta kamu cuma buat perempuan yang sekarang ini menjadi (calon) Istri, Ibu buat anak-anak kamu kelak #ciyeadew.

kembali lagi… Kenapa Owl City ?

Karena Owl City itu adalah Adam Young sendiri, pemuda asal Minnesota yang pada kemunculan awalnya memelihara poni emo nutupin kornea. Mungkin model rambut itu adalah bawaan dari kultur band Adam sebelumnya yaitu “Windsor Airlift” yang mengusung pop-punk dan akhirnya berubah ke arah post-rock. Beda halnya kalau Owl City itu Adam Jordan, mungkin kamu lebih memilih buat dengerin suara gerobak sari roti.

Lagu dari album pertama sampai terakhir gak melulu tentang hubungan percintaan pria dan wanita karena Adam emang gak mau karyanya terlalu cheesy. Dari lagu berkisah gak penting semacam Dental Care sampai relijius tersirat seperti Meteor Shower, semua dikemas dengan lirik menggilitik, satir-satir asik.

Penikmat visual mungkin akan terhanyut oleh video clip Owl City yang selalu dikemas dengan imajinasi berkelas nan absurd. Saya pribadi paling suka clip Deer In The Headlights, di video tersebut adam bawa mobilnya Marty McFly yang merupakan Icon dari film Back to the Future, udah lama nyetir akhirnya Adam berhenti di (semacam) Indomaret terus ketemu rusa……. *hening*

Saya suka gembar-gembor kalau karya Owl City selalu ajaib. Mungkin terdengar berlebihan, tapi ya emang ajaib. Kalau gak percaya silakan pilih lagu apapun dari album manapun, pakai headset/earphone kamu, cari tempat tenang, dengerin sambil mata kamu merem, rasakan keajaiban setiap loop dari Adam. Rasanya bahagia, kayak akhirnya ketemu orang yang bisa bikin kamu nyaman. Gitu.

“Meteor Shower itu yang ada tao ming tse kan mas?”
Ririn, 25th, pengepul rindu

2 Comments on Kenapa Owl City ?

  1. Aku suka sekurang-kurangnya 2 lagu Owl City, “Verge” dan “To The Sky”.
    Ya ampun. Kedua lagu itu selalu bisa membuat saya menari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*