Rindu Terbalas di Konser Owl City 2015

11 Mei 2015 adalah hari yang paling ditunggu oleh jamaah Hoot Owls (sebutan untuk fans Owl City) se-Indonesia, termasuk saya. Hadirnya Adam Young atas nama Owl City menjadi satu-satunya alasan penyebab keriaan halaman Rolling Stone Cafe di bilangan Jakarta Selatan. Konser tersebut bukanlah yang pertama untuk Owl City, lalu mengapa disebut terbaik? Karena ini adalah kali pertama saya hadir setelah hampir 5 tahun menahbiskan diri menjadi fans garis keras sejak kemunculannya bersama album Ocean Eyes.

Matahari mulai turun, audiens bergegas mengerucut mengikuti arus antrian yang sudah mengular sampai gang sebelah venue. Sekitar pukul 19.00 wib barulah saya dapat masuk setelah sebelumnya melewati penjagaan yang lumayan ketat. Penataan lampu temaram di sana-sini membuat suasana Rolling Stone Cafe semakin syahdu. Bisa dibayangkan betapa sendunya Owl City melantunkan If My Heart Was a House. Sayang, lagu tersebut tidak dibawakan.

Waktu menunjukkan 20.45 wib, Jasper Nephew, Gabriel Hagen, Rob Morgan, dan si cantik Breanne Duren sebagai departemen pelaksana orkes Owl City mulai naik panggung. Seperti film India, jagoan naik belakangan begitulah yang terjadi di konser ini. Setelah para personil lengkap, Adam Young naik mengenakan kemeja dan vest. Mandiri, tanpa pranatacara yang harus memanggil dengan gegap gempita.

owl
(Owl City membawakan Angels)

Angels dari album All Things Bright and Beautiful didaulat sebagai pembuka konser ketiganya di Jakarta. Dengan antusiasme tinggi saya mengikuti arahan Adam Young untuk menyanyikan beberapa part di lagu tersebut. Setelah Angels, Owl City lompat ke album Ultraviolet dengan Up All Night. Hoot Owls makin girang karena ini termasuk lagu yang masih hangat saat itu.

Interaksi Adam Young di konser ketiganya dirasa tidak secerewet konser yang lalu. Tetapi tetap saja produksi musik yang magis menghipnotis kerumunan saat itu. Pada setengah babak konser berjalan, Adam Young berucap “Here’s a song about nasi goreng” sebelum melantunkan Beautiful Times. Ya, Adam memang menyukai makanan khas Indonesia ini. Mungkin saat menyantap nasi goreng adalah salah satu waktu terindahnya. Entah, cuma Adam Young dan Tuhan yang tahu.

Sebelum meluncur ke tiga lagu terakhir, Owl City membawakan Hello Seattle yang diganti menjadi Hello Jakarta. Mungkin ini strategi yang disiapkan untuk merebut hati para penonton. Terbukti berhasil. Sorotan perhatian publik kala itu juga tertuju ke Breanne Duren sebagai satu-satunya perempuan tercantik di atas panggung. Senyum manisnya terlempar dengan ikhlas di antara penonton pria yang haus akan kasih sayang. Semakin histeris ketika Good Time dibawakan karena Breanne Duren ditugaskan untuk mengambil bagian Carly Rae Jepsen.

Menyanyi berjamaah pun terjadi.

durren
(Si cantik Breanne Duren membawakan Good Time)

Dengan berakhirnya duet maut Adam Young x Breanne Duren di lagu Good Time, selesai pula perhelatan Owl City Indonesia Tour 2015 di Jakarta. Total ada 23 nomor yang dibawakan. Secara santun mereka menutup crowd malam itu dengan membungkukan badan lalu tertib meninggalkan panggung satu per satu. Hoot Owls yang merasa puas berhamburan ke pintu keluar. Bagi yang menantikan kejutan, masih terus berdiri di depan panggung sambil berharap Adam Young dkk naik kembali membawakan sisa lagunya.

Tetapi itu hanya angan semata.

Keriaan belum sampai di sini. Setibanya di halaman luar Rolling Stone Cafe, saya bersama teman ditodong oleh reporter dari salah satu stasiun televisi swasta yang sengaja meliput. “Ini pasti karena baju yang gue buat sendiri,” ucap saya dalam hati. Bahagia rasanya, ini adalah momen pertama saya dimintai testimoni mengenai konser musik oleh stasiun televisi. Segera setelah selesai menjawab pertanyaan, saya berpamitan dan meninggalkan venue dengan sukacita.

Screenshot_2016-08-01-10-40-38_com.google.android.youtube_1470022890170
(interview singkat di salah satu program televisi)

Terima kasih Owl City dan Rolling Stone Cafe, ini pertama kalinya saya merasa puas melepaskan rindu menikmati penampilan salah satu idola.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*